Workshop Potensi Diri Bagi PMI Untuk Meningkatkan Self Awareness

Bagi Pekerja Migran Indonesia, kesehatan mental menjadi salah satu isu utama mengingat banyaknya tantangan yang dihadapi di luar negeri. Mulai dari kendala bahasa, budaya, tekanan kerja hingga rasa rindu akan keluarga di tanah air. Untuk itu, IDN Global Divisi Pekerja Migran Indonesia dan IDN UK-ROI bekerjasama dengan Lumina Learning mengadakan workshop bertema “Belajar Kenali Diri, Menjadi PMI Cerdas Secara Emosi” pada Minggu (24/4). Acara dibuka dengan sambutan dari Deputy President IDN Global Iwan Wibisono.

Fasilitator Lumina Learning Ayleen Wisudha mengatakan kehidupan yang berimbang antara pekerjaan dan keluarga atau pribadi sangat penting. Sehingga perlu untuk memahami diri sendiri atau self awareness agar kita senantiasa lebih bijak, kreatif, percaya diri, tepat dalam mengambil keputusan, membangun relasi yang baik serta yang utama adalah memiliki kecerdasan emosi yang dibutuhkan oleh para PMI.

Workshop dimulai dengan pengenalan diri dari masing-masing peserta berikut alasan mereka mengikuti acara ini. Para peserta kemudian diminta untuk memilih karakter yang paling menggambarkan diri mereka serta perilaku efektif yang paling mendominasi. Dari pilihan tersebut, peserta kemudian diberikan gambaran utuh bahwa apabila perilaku efektif tersebut terlalu berlebihan, maka dapat merugikan diri sendiri sehingga perlu evaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. (IDN Global)

berita terkait

Jelang Congress of Indonesian Diaspora 6
09 Juni 2021

Indonesian Diaspora Network (IDN) Global mengadakan rapat persiapan Congress ..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi November 2019
30 November 2019

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Berikut adalah new..

Baca Selengkapnya
Pemenuhan HAM dan Kewarganegaraan di Indonesia
28 Januari 2022

Perkawinan campuran dengan warga negara asing atau yang disebut keluarga perk..

Baca Selengkapnya