Webinar : When Merdeka Came to Australia

IDN Victoria menggelar diskusi interaktif bertajuk “When Merdeka Came to Australia” pada Sabtu (23/10) dengan menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Member of Royal Australian Historical Society Initiator Black Armada Exhibition Anthony Liem, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia sekaligus Putri Proklamator Indonesia, Bung Hatta yakni Meutia Farida Hatta, Founder Gerakan Revolusi Pemuda (GARUDA) R.M.E Tjokrosantoso dan dimoderatori oleh Vice President IDN Victoria Devi Shanty. Sebelum webinar dimulai, Konsulat Jenderal RI di Victoria dan Tasmania Kuncoro Giri Waseso menyampaikan kata sambutannya.

Webinar ini mengupas hubungan Indonesia dan Australia yang telah dibangun dan terjalin sejak lama. Bahkan semenjak proklamasi diumumkan melalui siaran radio, dimana Indonesia meminta dukungan terhadap negara lain atas kemerdekaan Indonesia. Dan Australia adalah negara asing pertama yang mendukung kemerdekaan RI. Tjokrosantoso mengatakan hal ini terlihat saat Presiden Sukarno beserta istrinya Fatmawati menerima Menteri Luar Negeri Australia PC Spender pada 3 Januari 1950.

“Usai kemerdekaan diproklamasikan, Belanda menilai Bung Karno melakukan aksi pemberontakan. Sehingga pada pertengahan tahun 1947 Indonesia terus melakukan demonstrasi dan mendapat dukungan dari Australia. Bahkan dimuat di koran Sydney Morning Herald pada 26 Juli 1947,” ujar Tjokrosantoso.

“When Merdeka Came to Australia” merupakan webinar seri pertama dan rencananya akan diselenggarakan setiap bulan hingga diselenggarakannya pameran Indonesia-Australia yang rencananya akan berlangsung April-Mei 2022 di Melbourne dan Bali.

(IW/ IDN Victoria)

berita terkait

Pembukaan IDN Chapter Polandia
30 Juli 2021

IDN Chapter Polandia secara resmi dibuka melalui pertemuan yang berlangsung p..

Baca Selengkapnya
Congress of Indonesian Diaspora 6
01 Augustus 2021

Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai perubahan di dunia. Di Indonesia, Cov..

Baca Selengkapnya
PMI di Masa Covid-19: Tantangan, Kontribusi, dan Harapan
18 Augustus 2021

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan, salah satu upaya..

Baca Selengkapnya