Showcase "Indonesia Mendunia"

Dalam rangka memperingati Hari Migran Internasional, IDN Global menyelenggarakan 2 (dua) kegiatan utama, yakni Showcase “Indonesia Mendunia” dan Dialog Interaktif Diaspora (DID) PMI : ”Duta-Duta Kasih” pada Minggu (18/12) secara virtual. Acara ini diinisiasi oleh IDN Global Divisi Migrant Workers. Showcase “Indonesia Mendunia” digelar secara live virtual selama 3 (tiga) jam mulai pukul 18.00-21.00 wib, kemudian dilanjutkan dengan DID PMI mulai pukul 21.00-23.00 wib.

Showcase “Indonesia Mendunia” yang dipandu oleh pembawa acara Devi Novianti dari IDN Hongkong ini digelar untuk menampilkan keunikan, keunggulan sekaligus kegiatan dari IDN Chapters, baik dalam bentuk video maupun live interview. Tercatat, ada 11 IDN Chapters dari 5 benua yang berpartisipasi termasuk di antaranya IDN Australia, IDN Hongkong, IDN Qatar, IDN Belanda dan IDN Los Angeles. Untuk memeriahkan acara, terdapat sejumlah quiz di sela-sela acara dengan menyediakan beragam hadiah menarik mulai dari official merchandise FIFA World Cup Qatar, voucher hotel, t-shirt, hingga parcel tahun baru.

“Manusia bermigrasi dengan berbagai alasan, begitu juga dengan Diaspora Indonesia yang kini tersebar di berbagai belahan dunia. Namun kami memiliki persamaan yang kuat, yakni keterikatan secara emosional dan rasa cinta terhadap Indonesia. Dan melalui acara showcase ini, kita dapat melihat kiprah para Diaspora Indonesia di tanah rantau berikut kontribusinya terhadap tanah air,” ujar Presiden Kartini Sarsilaningsih saat memberikan sambutan pembukaan.

Di sela-sela pemutaran video showcase dari beberapa IDN Chapter, terdapat sesi interview dengan sejumlah Diaspora Indonesia. Salah satunya adalah Diaspora Indonesia di Rusia Yulia Dyah. Wanita yang berprofresi sebagai Dosen ini menceritakan bahwa aktivitas para Diaspora Indonesia di Rusia tetap berjalan normal meski masih terdapat ketegangan antara Rusia-Ukraina.

“Jika ada penyelenggaraan acara Diaspora Indonesia kami biasa undang melalui grup telegram yang anggotanya tidak hanya Diaspora Indonesia, namun juga warga lokal Rusia dan Diaspora dari negara lain. Melalui grup ini kami juga terus menyebarkan informasi mengenai budaya Indonesia, seperti melalui pemutaran video Wonderful Indonesia serta memperkenalkan Bahasa Indonesia,” papar Yulia.

Acara pun kian meriah karena Hari Migran Internasional yang jatuh setiap tanggal 18 Desember ini bertepatan dengan perhelatan pertandingan final Piala Dunia 2022. Diaspora Indonesia di Qatar Ika Ristiani pun turut memberikan laporan pandangan mata secara langsung mengenai suasana penonton pertandingan final antara Argentina – Prancis dalam acara ini. (IDN Global)

berita terkait

Dialog Interfaith : Doa Bersama Diaspora di Seluruh Dunia
23 Mei 2020

Bersamaan dengan momentum Kebangkitan Nasional tahun ini, IDN Global menyelen..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Desember 2022
30 Desember 2022

Newsletter IDNG Vol.39/ Desember 2022

Halo rekan-r..

Baca Selengkapnya
Kelas Bahasa Indonesia Virtual Untuk Anak-Anak di Kanada
26 Juni 2021

IDN Global bekerjasama dengan Irshad Global dan didukung oleh KBRI Ottawa men..

Baca Selengkapnya