Peran Diaspora Membangun Indonesia di Bidang Teknologi

Dalam rangka menjaring dan sharing pengalaman para diaspora Indonesia bertalenta di seluruh dunia, IDN Global Divisi Human Capital menggelar Dialog Interaktif Diaspora (DID) Seri Human Capital bertajuk "Kontribusi Talenta Diaspora di Bidang Teknologi" pada Sabtu (26/3) secara virtual. Acara ini menghadirkan pembicara di antaranya Head of Analytics, Platform and Regional Bussiness Grab Singapura Ainun Najib, CTO Global Ride Inc. Japan Arnold Siboro serta Senior IP Security Engineer PCCW Global Hong Kong Wahyudi Nata Kesuma dan dimoderatori oleh diaspora Indonesia di Oman Vina Sari Thaher.

Melalui dialog ini, Ainun kembali ditanya perihal permintaan Presiden Joko Widodo agar ia kembali ke tanah air. Ainun kemudian menyatakan diaspora memiliki 3 (tiga) peranan dalam kontribusinya terhadap Indonesia. Yakni referensi, advokasi dan eksekusi. Pada poin ketiga, Ainun mengatakan proses eksekusi bisa dilakukan dari jarak jauh. Ainun juga mengajak generasi muda Indonesia agar termotivasi belajar di luar negeri agar mendapat wawasan lebih luas.

Sementara itu Wahyudi mengatakan dalam upaya memajukan teknologi Indonesia diperlukan peran pemerintah dalam melakukan research and development (RnD) untuk menjaring generasi unggul di bidang IT. Dengan bibit SDM berkualitas, maka akan tercipta inovasi di bidang IT untuk kemajuan Indonesia.

Berkaitan dengan kemajuan teknologi, Arnold mengatakan yang dibutuhkan Indonesia saat ini bukan tentang teknologi canggih, namun yang lebih penting adalah teknologi yang dapat diaplikasikan di masyarakat. Ketika disinggung mengenai bonus demografi di tahun 2045 Arnold berpendapat pengembangan human capital di bidang teknologi harus diprioritaskan.

Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih mengatakan melalui acara DID Human Capital ini diharapkan dapat menginspirasi kaum millenial menjadi diaspora. Kedepannya, IDN Global juga akan membangun platform sharing informasi diaspora di luar negeri agar dapat diakses masyarakat di tanah air.

(IDN Global)

 

berita terkait

IDN Malaysia Fasilitasi Pemulangan Pekerja Migran
19 Juli 2020

Para pekerja migran tidak berdokumen (ilegal) berjumlah 135 orang dipulangkan..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Mei 2022
29 Mei 2022

Halo rekan-rekan diaspora Indonesia di seluruh dunia, 

Kabar D..

Baca Selengkapnya
Peluang E-Commerce Di Tengah Pandemi
22 September 2020

Sebagai upaya memetakan peluang investasi di masa pandemi ini, Badan Pengurus..

Baca Selengkapnya