Peluncuran Global Halal Hub Untuk Ekspor UMKM

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meluncurkan Global Halal Hub (GHH) untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia pada 2024. Program tersebut diyakini bisa membawa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar global. Peluncuran dilakukan secara daring dan luring pada Kamis (27/1). Acara ini diinisiasi oleh Asosiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor) dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) serta didukung oleh Indonesian Diaspora Network (IDN) Global.

Wapres Ma'ruf Amin mengakui masih banyak masalah yang dihadapi UMKM di Indonesia, antara lain kualitas yang masih rendah, sering terbentur masalah pendanaan, hingga pengemasan yang kurang menarik. Menurut Ma'ruf, ekosistem Global Halal Hub dapat menjadi jawaban dari berbagai masalah tersebut karena GHH membantu UMKM melalui pembinaan, pelatihan, hingga sertifikasi. Wapres juga mengajak para pihak terkait untuk memperkuat kolaborasi agar kontribusi ekspor UMKM yang saat ini masih sekitar 16 persen bisa meningkat signifikan pada tahun 2024.

Sebelumnya, pada Kamis (6/1) lalu telah diselenggarakan acara “Road to Global Halal Hub” dan terdapat sesi International Live Shopping melalui 6 negara, yaitu Arab Saudi, Britania Raya, Jepang, Malaysia, Qatar, dan Selandia Baru. Dimana, beberapa agen di negara-negara tersebut merupakan perusahaan yang dimiliki oleh diaspora Indonesia. (IDN Global)

berita terkait

Indonesia Cultural Day : Gerakan Amal IDN Kanada Untuk Indonesia
25 September 2022

IDN Chapter Kanada kembali memprakarsai kegiatan komunitas Diaspora Indonesia..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Februari 2022
28 Februari 2022

Newsletter Vol.29/Februari 2022

Halo rekan-rekan d..

Baca Selengkapnya
Webinar IDN Oman : Berbisnis Via Media Sosial
09 Juli 2021

Task Force Economy & Entrepreneurship IDN chapter Oman menyelenggarakan d..

Baca Selengkapnya