Mendorong Peran Diaspora Dalam Ekspor Produk Indonesia

Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih mengatakan perlu dilakukan kolaborasi multistakeholder untuk mendorang kewirausahaan terhadap Diaspora Indonesia. Di antaranya menginspirasi para Diaspora Indonesia untuk berinvestasi ke waktu untuk mengasah entrepreneurship serta membangun ekosistem Indonesian circle.

“Di antaranya adalah dengan menerapkan international trading yang seluruhnya orang Indonesia. Yakni pengusaha Indonesia bermitra dengan Diaspora Indonesia yang berperan sebagai marketing representative”, ujar Kartini saat menjadi pembicara dalam Workshop Kewirausahaan “Optimalisasi Peran Diaspora Indonesia dalam Menangkap Peluang Bisnis Hingga Mancanegara” pada Sabtu (24/9) secara virtual.

Kartini mengatakan Diaspora Indonesia importir dapat melakukan pendampingan tetapi bagi UKM yang sudah siap ekspor. Termasuk di antaranya memberikan pencerahan terkait regulasi ekspor ke negara tujuan tempat Diaspora Indonesia tinggal.

Sementara itu, Ketua VII Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan pentingnya mengoptimalkan peran Diaspora Indonesia dalam menangkap peluang bisnis hingga ke mancanegara, serta mendorong masuknya investasi ke Indonesia. Menurutnya, Diaspora Indonesia dapat berperan dalam mempromosikan dan menjadi agen pemasaran produk Indonesia, serta menjadi market intelligence mengenai produk yang kiranya cocok untuk dipasarkan di negara tempat mereka tinggal. (IDN Global)

berita terkait

Jelang Congress of Indonesian Diaspora 6
09 Juni 2021

Indonesian Diaspora Network (IDN) Global mengadakan rapat persiapan Congress ..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Desember 2021
29 Desember 2021

Newsletter Vol.26/Desember 2021
Halo rekan-rekan diaspora Indonesia di..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Mei 2022
29 Mei 2022

Halo rekan-rekan diaspora Indonesia di seluruh dunia, 

Kabar D..

Baca Selengkapnya