Membanggakan, 12 PMI Hong Kong Menjadi Paskibra

Sebanyak 12 orang pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) dan buruh, menjadi Paskibra dalam perayaan upacara HUT ke-77 RI di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong.

Keduabelas pekerja migran Indonesia yang berhasil menjadi Paskibra tersebut, merupakan para kandidat yang lolos seleksi dari 180 ART dan buruh yang mendaftar ke KJRI Hong Kong. Para Paskibra ini menjalani proses latihan secara intensif selama kurang lebih tiga bulan. Upacara dipimpin oleh Konjen RI Hong Kong Ricky Suhendar dan dilakukan secara terbatas dalam suasana pandemi demi penjagaan protokol kesehatan.

"Ini bentuk kebanggaan kami kepada para PMI Hong Kong yang sangat aktif dan terus mengembangkan diri. Kemerdekaan ini menjadi momentum untuk mengisinya dengan karya-karya positif", ujar Konjen Ricky Suhendar.

Yuliani Tri Lestari, Muhtar Yuli Astuti, dan Puji Winarti bertugas mengibarkan bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya di halaman Wisma Indonesia pada pagi hari. Pada sore harinya, giliran Suteni, Misbahuddin Dahing dan Dhenik Kushardiyanti yang bertugas untuk menurunkan bendera merah putih di tempat yang sama.

Melalui siaran radio dengan RRI Pro 3 pada Sabtu (20/8), Koordinator Pekerja Migran Indonesia IDN Global Nathalia Widjaja mengatakan selain tim paskibra KJRI, terdapat tim paskibra PMI dari Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI). Mereka juga bertugas dalam upacara pengibaran bendera di Victoria Park dan disiarkan secara online.

Nathalia menambahkan, kecintaan PMI terhadap tanah air menjadi pendorong utama mereka untuk berpartisipasi menjadi tim paskibraka. (NW/ IDN Global)

berita terkait

Newsletter IDN Global Edisi Januari 2022
30 Januari 2022

Newsletter Vol.28/Januari 2022

Halo rekan-rekan diaspora Indonesia ..

Baca Selengkapnya
Potensi Diaspora Sebagai Investor Instrumen Keuangan Indonesia
30 Juli 2021

Bank Indonesia Cabang Singapura menggelar Forum Gorup Discussion (FGD) d..

Baca Selengkapnya
Sukses Berbisnis di Kala Pandemi
17 Maret 2021

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 juga turut berpengaruh besar dal..

Baca Selengkapnya