Kuliner Indonesia Kembali Berkibar di Mexico City

Kini Mexico City kembali memiliki restoran Indonesia. Eni Sulistyaningsih, sang pemilik restoran, memberi nama Jawa, Restaurante de Indonesia. Restoran ini baru saja dibuka pada tanggal 19 Juni 2022, oleh Duta Besar RI Cheppy Wartono, dan dihadiri lebih dari 60 orang tamu, di antaranya diaspora Indonesia, yang sudah lama menunggu dibukanya kembali restoran Indonesia.

Para diaspora Indonesia dengan suka cita membantu pembukaan restoran tersebut. Mereka sangat antusias, bukan hanya karena sekarang bisa kembali menikmati masakan Indonesia. Letak restoran di Polanco (tak jauh dari KBRI), salah satu kawasan bergengsi di Mexico City, bisa menjadi tempat nongkrong yang oke punya.

“Alhamdulillah, saya bisa membuka lagi restoran Indonesia, setelah lebih dari tiga tahun kosong. Karena gempa tahun 2017, saya terpaksa menutup Warung Makan. Satu tahun terakhir ini memang muncul niat untuk kembali membuka restoran, tetapi tidak menemukan tempat yang cocok. Bulan lalu saya menemukan tempat ini. Saya suka, dan ternyata proses untuk menyewa tempat ini berjalan lancar. Mudah-mudahan memang jodoh,” ungkapnya dengan penuh semangat.

“Saya memberi nama Jawa, sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga dan leluhur. Namun, menu yang ditawarkan adalah kuliner Nusantara, dari Barat sampai ke Timur. Saya ingin memperkenalkan budaya Indonesia lebih luas lagi kepada masyarakat Mexico City. Apalagi, pada saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan promosi kuliner dan rempah-rempah. Itu sebabnya saya memutuskan untuk menawarkan masakan dengan cita rasa Indonesia yang autentik," imbuhnya.

Eni, yang saat ini menjadi Ketua IDN Chapter Mexico, berharap kuliner Indonesia makin lama makin dikenal dan disukai masyarakat Mexico City. Seperti kata pepatah masyarakat Meksiko, el amor entra por el paladar, cinta datang lewat lidah. (EYS/ IDN Mexico)

 

berita terkait

IDN Chapter Donasikan Bantuan Untuk NTT
14 Juni 2021

Diaspora Indonesia di sejumlah negara menunjukkan aksi kepeduliannya terhadap..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Maret 2020
31 Maret 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Berikut adalah new..

Baca Selengkapnya
PPI Gelar Lomba Tarik Suara Virtual
07 Juli 2021

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) pada Sabtu (3/07) menggelar a..

Baca Selengkapnya