Kiat Berdikari Bagi Purna PMI

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua Diaspora Indonesia akan selamanya tinggal di luar negeri. Termasuk di antaranya para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sehingga selain beradaptasi tinggal di tanah rantau, Diaspora Indonesia juga dituntut untuk menambah wawasan serta melihat peluang lain seperti kesempatan berbisnis sebagai bekal ketika pulang ke tanah air.

Dengan latar belakang ini, IDN Global Divisi PMI kembali menggelar Dialog Interaktif Diaspora (DID) Seri PMI bertema “Kisah Inspiratif Usaha Purna PMI” dengan menghadirkan para pembicara Founder Sisuka Siti Sukaesih, Director Gandasari Coffe Eni Wartuti dan Founder Aryani Beauty Rahmi Aryani pada Minggu (26/6) secara virtual. Acara ini dimoderatori oleh VP Project Development Stephanus Widjaja dan dibuka oleh Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih.

Eni Wartuti mengaku ketika masih menjadi PMI sering membaca buku dan mengikuti seminar di waktu senggang. Hal ini dilakukan untuk memotivasi dirinya menjadi seorang wirausaha setelah kembali ke Indonesia.

“Jangan lupa untuk selalu ikuti perkembangan zaman. Saat ini sudah beralih ke dunia digital bahkan dengan modal handpone kita sudah bisa berbisnis dan memperoleh omzet miliaran rupiah,” imbuh purna PMI selama 15 tahun ini.

Sementara itu Siti Sukaesih mengatakan membangun relasi sangat penting dilakukan khususnya jika kita telah memiliki rencana untuk berwirausaha di masa mendatang. (IDN Global)

berita terkait

Kiat Untuk Bisa Bekerja di Lembaga Internasional
28 Maret 2021

Bekerja di Lembaga Internasional (seperti PBB, UNICEF, WHO dll) merupakan sal..

Baca Selengkapnya
Kuliner Indonesia Kembali Berkibar di Mexico City
24 Juni 2022

Kini Mexico City kembali memiliki restoran Indonesia. Eni Sulistyaningsih, sa..

Baca Selengkapnya
Pesan Prof. Nasaruddin Umar Untuk Menjaga Kerukunan
31 Maret 2022

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 A..

Baca Selengkapnya