Indonesia Cultural Day : Gerakan Amal IDN Kanada Untuk Indonesia

IDN Chapter Kanada kembali memprakarsai kegiatan komunitas Diaspora Indonesia di dua kota di Kanada, yakni Vancouver dan Toronto. Bekerjasama dengan organisasi komunitas setempat, digelar acara budaya bertajuk “Indonesia Cultural Day” pada hari Sabtu tanggal 3 September di Vancouver dan 10 September di Toronto.

Kegiatan di kedua kota menghadirkan acara bazar makanan dan produk UKM dan konser budaya Indonesia. Upaya Diaspora Indonesia di Kanada untuk mempromosikan makanan, kerajinan dan seni Indonesia mendapat respon yang positif dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Dr. Hilmar Farid melalui sambutan secara virtual di Vancouver dan Toronto.

Acara di Vancouver dikelola oleh InDonation Charity Foundation yang diketuai oleh Robert Prasetya, beliau juga adalah salah seorang Founder IDN Kanada. Turut hadir di Vancouver adalah Konsul Jenderal RI di Vancouver Hendra Halim, Ketua Fraksi Partai NDP di parlemen Kanada Peter Julian dan beberapa pejabat pemerintah serta anggota parlemen provinsi British Columbia dan tokoh Diaspora Indonesia setempat. Acara ini turut menampilkan Nowela Mikhelia, Rio Silaen, Nena Michella serta Sanggar Tari Budaya Nusantara Calgary dan secara keseluruhan dihadiri 500 orang.

Sementara itu, acara di Toronto dikelola oleh Indonesian Community of Ontario (ICO) yang kebetulan diketuai juga oleh Presiden IDN Chapter Kanada Tunggul Tobing dan dihadiri oleh Konsul Jenderal RI di Toronto Dyah Asmarani. Turut hadiri beberapa Ketua dan tokoh Diaspora Indonesia di Toronto, seperti dari MIIT (Masyarakat Islam Indonesia di Toronto), IICT (Istiqlal Islamic Centre Toronto), ICCC (Indonesia Christian Church Canada), ACI (Asosiasi Carwgiver Indonesia).

Sebelum memberikan sambutan, Konjen Dyah Asmarani mengajak hadirin untuk mengheningkan cipta sejenak sehubungan dengan berpulangnya Ratu Elizabeth II. Beliau juga menyambut kehadiran 50 orang mahasiswa Indonesia yang baru diterima di University of Toronto sebagai penerima Beasiswa Indonesia Maju. Mereka berasal dari berbagai SMU di Indonesia dan diterima di jurusan seperti Life Science, Computer Science, Chemical Science, Mathematics dan Physical Sciences.

"Saya sangat mengapresiasi acara Indonesia Cultural Day yang diselenggarakan oleh komunitas Diaspora Indonesia di Kanada. Selain bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia di Kanada, ini sekaligus mempererat hubungan bilateral antara Indonesia - Kanada", tutur Konjen Dyah.

Indonesia Cultural Day juga menggelar kegiatan amal di mana hasil dari proses penggalangan dana akan didonasikan di berbagai tempat di Indonesia sekaligus dalam rangka memeriahkan 77 tahun kemerdekaan Indonesia, 10 tahun gerakan diaspora global dan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Kanada.

Adapun hasil kegiatan amal yang berlangsung di Vancouver akan disumbangkan di Panti Asuhan Damian Pulau Alor NTT, Panti Asuhan Al Mu’min Surabaya, Panti Asuhan Bina Ekllesia Denpasar dan Rumah Anugerah, Tangerang. Sementara untuk kegiatan di Toronto akan disalurkan ke sebuah safe house perempuan dan anak di Denpasar Bali, yakni Bali Street Mums, Panti asuhan di Bogor dan di Alor, NTT. (TT/ IDN Kanada/ IDN Global)

berita terkait

Potensi Diaspora Sebagai Investor Instrumen Keuangan Indonesia
30 Juli 2021

Bank Indonesia Cabang Singapura menggelar Forum Gorup Discussion (FGD) d..

Baca Selengkapnya
Diaspora Pulang Kampung : Aset Brain Gain Untuk Negara
29 Augustus 2020

Kisah diaspora Indonesia yang mengabdi ke tanah air tentunya memiliki keunika..

Baca Selengkapnya
Kiat Berdikari Bagi Purna PMI
29 Juni 2022

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua Diaspora Indonesia akan selamanya tin..

Baca Selengkapnya