IDN Global-BNI Tandatangani Nota Kesepahaman

Indonesian Diaspora Network (IDN) Global dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk. menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama pada Jumat (21/10) di sela-sela penyelenggaraan acara Trade Expo Indonesia 2022 di ICE BSD, Tangerang. Dalam proses penandatanganan ini masing-masing diwakili Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih dan pgs Pemimpin Divisi Internasional BNI Wan Andi Arjadi serta disaksikan oleh DirJen PEN, Kementerian Perdagangan Didi Sumedi. Turut hadir Dubes RI Qatar Ridwan Hassan, KonJen RI Dubai K. Candra Negara serta Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan Merry Maryati.

Adapun tujuan dari Nota Kesepahaman ini adalah untuk memfasilitasi dan meningkatkan kerjasama antara IDN Global-BNI dalam upaya pengembangan ekonomi Diaspora Indonesia. Ruang lingkup kerjasama ini di antaranya adalah sosialisasi produk BNI bagi Diaspora dan program BNI Xpora kepada para anggota IDN Global, penyediaan informasi mengenai 

potensi pasar bagi produk-produk Indonesia di negara-negara domisili para anggota IDN Global, pelaksanaan kegiatan business matching antara Diaspora dengan pelaku usaha Indonesia, serta menyelenggarakan kegiatan-kegiatan BNI dan IDN Global lainnya yang bertujuan untuk pengembangan pasar global bagi para pelaku usaha di Indonesia yang disepakati bersama.

 

Nota Kesepahaman ini berlaku pada tanggal penandatanganan dan akan tetap berlaku sampai dengan berakhirnya masa kepengurusan Executive Board IDN Global periode tahun 2021 – 2023 atau tanggal 31 Agustus 2023. Kendati demikian, kerjasama yang diatur dalam Nota Kesepahaman ini tidak eksklusif dan masing-masing pihak boleh mengadakan perjanjian yang serupa dengan pihak ketiga. Usai nota kesepahaman ditandatangani, IDN Global menerima souvenir berupa plakat kerjasama dari BNI.

 

Pihak BNI dan IDN Global kemudian menyelenggarakan pertemuan singkat mengenai konsep kerjasama yang akan dilakukan. Pgs Pemimpin Divisi Internasional BNI Wan Andi Arjadi mengatakan bahwa saat ini manajemen internalnya tengah mempersiapkan diri untuk menjadikan BNI sebagai Bank Internasional dari Indonesia, mengingat BNI merupakan bank pemerintah yang memiliki cabang luar negeri terbanyak. Saat ini perwakilan kantor cabang BNI di luar negeri sudah berada di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, New York dan yang terbaru adalah di Amsterdam, Belanda.

"Dengan adanya perwakilan cabang di luar negeri ini, kami menyambut hangat kerjasama dengan Diaspora Indonesia khususnya dalam penyediaan pinjaman modal dengan bunga rendah," ujarnya.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh sejumlah Diaspora Entrepreneur dari berbagai negara seperti Singapura, Australia, Belanda, Qatar, Rusia, serta Amerika Serikat. Salah satu Executive Board IDN Global sekaligus Diaspora Indonesia di Belanda Renu Lubis turut memberikan testimoninya perihal kemudahan peminjaman modal dari pihak BNI.

"Saya tinggal di Belanda selama 40 tahun lebih dan memiliki usaha kuliner bernama Toko Iboe Tjilik yang sudah berdiri puluhan tahun lalu. Adanya akses pinjaman modal usaha dari BNI ini tentu saja kian memudahkan para Diaspora Entrepreneur dalam melakukan ekspansi usahanya," ujar Renu.

Renu juga berharap program dari BNI ini turut mendorong Diaspora Indonesia untuk membuka usahanya di luar negeri, termasuk membuka restoran Indonesia sehingga turut mendukung program pemerintah dalam menduniakan kuliner Indonesia. (IDN Global)

berita terkait

Efektifitas Konten Bagi Bisnis Online
15 Oktober 2021

TF Economy & Entrepreneurship IDN chapter Oman menyelenggarakan  web..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi November 2021
30 November 2021

Halo rekan-rekan diaspora Indonesia di seluruh dunia, 
Kabar Dias..

Baca Selengkapnya
Bincang Hangat Diaspora Dan Wakil Ketua DPR-RI
21 Augustus 2020

Dalam upaya meningkatkan hubungan antara diaspora Indonesia dengan lembaga le..

Baca Selengkapnya