Festival Batik dan Ecoprint Taiwan

IDN Taiwan kembali menggelar "Festival Batik dan Ecoprint 2022" yang berlangsung selama 2 hari yakni Sabtu-Minggu, 1-2 Oktober 2022 di Museum Nasional Taiwan cabang Nanmen. Festival batik kali ini mengambil tema eco-printing dimana mengacu pada teknik pewarnaan dan pencetakan dengan menggunakan bunga dan daun alami, meninggalkan bekas atau pola pada berbagai media.

"Tema ecoprint kami ambil karena untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pemanasan global. Sudah saatnya kita peduli dengan bumi kita. Dengan menggunakan eco-printing, semua bahannya alami tidak menggunakan kimia seperti dari daun dan kayu. Ada begitu banyak filosofi tentang batik karena setiap coretan memiliki makna yang berbeda, maka dari itu batik sangat penting bagi kami," ujar Pengurus IDN Taiwan Kartika Dewi.

Kartika Dewi mengatakan festival bertema batik tahunan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan tradisi pada Hari Batik Nasional Indonesia pada 2 Oktober. Hari tersebut menandai peringatan penambahan budaya batik ke Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Manusia UNESCO pada tahun 2009.

Festival ini menampilkan serangkaian kegiatan budaya Indonesia, termasuk tarian dan musik klasik tradisional, lukisan batik, peragaan busana hingga penjualan makanan dan produk Indonesia. Di sesi peragaan busana ditampilkan beragam kostum dan pakaian tradisional Indonesia yang terbuat dari batik eco-printing oleh 35 orang yang sebagian besar merupakan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan. (KD/ IDN Taiwan)

 

 

 

berita terkait

Newsletter IDN Global Edisi Agustus 2022
31 Augustus 2022

Newsletter IDNG Vol.35/Agustus 2022

Halo rekan-rekan diaspora ..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Juli 2020
31 Juli 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Berikut adalah new..

Baca Selengkapnya
10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement
30 Juni 2022

Dalam rangka menyambut 10 tahun gerakan diaspora Indonesia secara global, Ind..

Baca Selengkapnya