English4PMI Online Chit Chat Bertema Perayaan HUT RI Oleh PMI

Perayaan kemerdekaan RI ke-77 yang berlangsung setiap tanggal 17 Agustus juga turut dirayakan oleh para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang saat ini berdomisili di luar negeri. Kendati berada jauh di perantauan, para PMI masih dapat merasakan suasana perayaan layaknya di tanah air, mulai dari upacara pengibaran bendera hingga sejumlah lomba.

Adapun perayaan ini kemudian menjadi tema utama acara pelatihan English4PMI Online Chit-Chat ke-7 yang dilaksanakan pada hari Minggu (28/8) secara virtual. Pelatihan ini dimoderatori oleh VP Tourism and Culture IDN Global Butce Lie dan menghadirkan 8 (delapan) orang fasilitator yakni VP Migrant Workers IDN Global Kartika Dewi, Fasilitator dari London, UK Ayleen Wisudha, English Teacher & Learning Specialist Intan Chahyani, Indonesian Teacher in Germany Etty Prihantini, Founder Masyarakat Indonesia di Jerman (MasInJer) Denny Napitupulu-Boos, PhD. Candidate, Chulalangkorn University Thailand Ade Danova, Moderator MasInJer Natasha Sayer, dan Computer Science Researcher Taiwan Hanas Subakti.

Usai moderator membuka acara, peserta yang berjumlah 60 orang ini masing-masing ditempatkan di breakout room sesuai dengan level kemampuan bahasa Inggris mereka, yakni Beginner I dan II, Intermediate, serta level Advance. Pada tiap level kelas terdapat 2 (dua) fasilitator yang bertugas untuk mengajukan sejumlah pertanyaan berkaitan dengan pengalaman mereka dalam merayakan HUT RI Ke-77 di negara tempat mereka berdomisili. Tiap peserta memiliki kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan dan juga keberanian mereka untuk berbicara dalam bahasa Inggris selama sekitar 10-15 menit. Acara ini khusus diperuntukkan bagi PMI, Calon PMI serta Purna PMI. Dari sekitar 60 orang yang mendaftar, PMI yang ikut mayoritas berasal dari Hong Kong, Taiwan Singapura dan Malaysia.

English4PMI Online Chit-Chat merupakan kegiatan kolaborasi antara Divisi Human Capital dan Divisi Pekerja Migran Indonesia IDN Global. Melalui pelatihan ini diharapkan para PMI lebih fasih berbahasa Inggris agar menjadi salah satu bekal keterampilan mereka untuk bekerja di tanah rantau. (IDN Global)

 

 

 

berita terkait

Harapan Dan Realita Dwi Kewarganegaraan
10 September 2020

Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (PERIUK) kembali menggelar podcast Bincang..

Baca Selengkapnya
Mengenal Penyakit Monkeypox dan Antisipasi Penyebarannya
22 September 2022

Virus cacar monyet sempat ditemukan di Indonesia beberapa waktu lalu sebanyak..

Baca Selengkapnya
10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement
30 Juni 2022

Dalam rangka menyambut 10 tahun gerakan diaspora Indonesia secara global, Ind..

Baca Selengkapnya