Efektifitas Konten Bagi Bisnis Online

TF Economy & Entrepreneurship IDN chapter Oman menyelenggarakan  webinar yang mengupas pengelolaan konten bisnis melalui sosial media atau bisnis online   pada tanggal 15 Oktober 2021  dengan mengundang narasumber dari  tanah air: Bapak Firstman Marpaung. Bapak Firstman Marpaung telah membantu  usaha sepatu Cibaduyut bermigrasi ke bisnis online dan kemudian  didapuk Kementrian Ekonomi Kreatif untuk membantu UMKM di seluruh Indonesia. Webinar ini merupakan kelanjutan dari dua webinar sebelumnya yaitu ‘Sukses Berbisnis dengan Berpikir & bertindak secara Digital’ di bulan Juni dan ‘Berbagi Pengalaman Berbisnis melalui Medsos’  pada bulan Juli 2021 lalu.

Pada webinar ini narasumber lagi-lagi menekankan pentingnya mengenali konsumen bagi produk dan jasa yang dipasarkan melalui media sosial. Dengan mengenali konsumen maka pemilik usaha online dapat merencanakan konten yang sesuai bagi bisnisnya agar konten bisa bervariasi dan tidak melulu mengenai diskon atau promo. Bapak Firstman Marpaung mengajak para peserta untuk berpikir kreatif dalam merencanakan dan menampilkan konten agar bisa menarik minat konsumen. Konten juga bukan hanya untuk menimbulkan minat tapi juga keinginan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk/jasa hingga akhirnya konsumen memutuskan untuk membeli.

Agar konsumen mau membeli  diperlukan konsistensi dalam tampilan dan kreatifitas pemilik dalam membuat konten. Beberapa trik yang diberikan adalah tampilan warna, pilihan kata serta foto atau gambar yang bisa digunakan serta strategi penyampaian pesan. Selain itu juga diperlukan kalender konten agar bisa merencanakan pembuatan dan memastikan keteraturan penayangannya. Konsumen perlu diberi informasi secara berkala dan sistematis agar bisa menciptakan loyalitas dan pembelian berulang. Narasumber juga menekankan bahwa para pebisnis online harus menyesuaikan diri dengan konsumen dan bukan sebaliknya agar bisnis bisa berhasil.

Webinar  ini tidak hanya dihadiri oleh diaspora Indonesia di Oman dan Timur Tengah namun juga dihadiri oleh pelaku bisnis online di Indonesia yang memang sedang merintis bisnis melalui media sosial. Pertanyaan-pertanyaan pun mengalir pada sesi tanya jawab sesuai dengan masalah dan isu yang dihadapi dalam keseharian bisnis para peserta dan berlangsung interaktif. Dengan antusiasme pertanyaan dari para peserta, TF Economy & Entrepreneurship IDN chapter Oman berharap  webinar ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta yang hadir. (IDN Oman)

 

 

berita terkait

Membanggakan, 12 PMI Hong Kong Menjadi Paskibra
24 Augustus 2022

Sebanyak 12 orang pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai Asisten Rumah..

Baca Selengkapnya
Diaspora Pulang Kampung : Aset Brain Gain Untuk Negara
29 Augustus 2020

Kisah diaspora Indonesia yang mengabdi ke tanah air tentunya memiliki keunika..

Baca Selengkapnya
Peluang Kerjasama Pendidikan dengan Norton University dan the University of Cambodia
05 Januari 2022

Salah satu manfaat terjalinnya suatu kemitraan dan kerjasama universitas adal..

Baca Selengkapnya