Diaspora Pulang Kampung : Aset Brain Gain Untuk Negara

Kisah diaspora Indonesia yang mengabdi ke tanah air tentunya memiliki keunikan tersendiri. Terlebih jika mereka rela melepaskan kemapanan karir yang telah dibangun di luar negeri. Untuk itu, IDN Global mengadakan dialog bertema : “Kisah Sukses Diaspora Yang Kembali” untuk mendapatkan inspirasi dari kecintaan diaspora Indonesia kepada tanah air. Dialog yang digelar secara virtual pada Sabtu (8/8) ini dimoderatori oleh VP Project Development IDN Global Yurdi Yasmi dan menghadirkan 3 narasumber yakni Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim (Ex- Diaspora di Singapura), Deputi Kepala Staf Kepresidenan (2015-2019) Dr. Yanuar Nugroho (Ex-Diaspora di Inggris), dan Founder YoBerbagi.id Dr. Muhamad Reza (Ex-Diaspora di Belanda dan Swedia).

Usai lulus teknik sipil di Nanyang University, Sylvia bergabung di Land Transportation Authority dan mengerjakan berbagai proyek transportasi di Singapura selama 12 tahun. Sylvia mengaku telah berada di zona nyaman dan membutuhkan tantangan baru. Ia kemudian mendengar rencana proyek MRT di Jakarta sehingga ia memutuskan untuk kembali dan terlibat dalam proyek tersebut.

Bagi Dr. Yanuar, dunia akademik berkaitan dan berpengaruh terhadap kebijakan publik. Hal itu ia sadari semenjak terlibat UK Technology Innovation. Hingga akhirnya pada 2012 Dr Yanuar dipanggil Bapak Kuntoro untuk gabung dengan pemerintahan Indonesia.

“Saya diberitahu gaji cuma Eselon 1. Tapi saya punya kesempatan merubah Indonesia. Jadi saya ambil kesempatan itu sampai merelakan gelar profesor di UK, " ujar senior researcher sekaligus alumni ITB ini.

Usai 10 tahun bekerja di bidang listrik oleh perusahaan Swedia, Moh Reza berkesempatan untuk bergabung di kantor cabang Jakarta pada 2016. Di sela-sela penugasannya ke daerah, ia berusaha menyempatkan diri untuk mengajar karena menemukan ada gap antara kampus di pusat kota dan daerah. “Dan gap itulah yang bisa kita isi,” imbuh Reza yang mengaku berkeinginan untuk menjadi dosen.

Dialog ditutup dengan simpulan dari Presiden IDN Global Said Zaidansyah yang menyatakan ketiga pembicara ini merupakan bukti nyata diaspora sebagai brain gain. Usai menimba ilmu dan memperluas jaringan di luar negeri, diaspora ini kemudian menerapkan ilmu yang didapat untuk pembangunan tanah air. (IDN Global)

 

berita terkait

Newsletter IDN Global Edisi Februari 2022
28 Februari 2022

Newsletter Vol.29/Februari 2022

Halo rekan-rekan d..

Baca Selengkapnya
Webinar : When Merdeka Came to Australia
-

IDN Victoria menggelar diskusi interaktif bertajuk “When Merdeka Came t..

Baca Selengkapnya
Kisah Inspiratif Hari Ibu : Ibuku, Pahlawanku
26 Desember 2021

Dalam rangka memperingati Hari Ibu pada tanggal 22 Desember 2021 divisi Peker..

Baca Selengkapnya