Barista Indonesia Kembali Berjaya Pada Oman Latte Art Competition

Pada tanggal 26-28 September 2022 dilaksanakan acara Food & Hospitality Oman di Oman Convention & Exhibition Centre, di Muscat. Acara ini merupakan acara terbesar dalam bidang hospitality di Oman tahun ini. Dalam acara ini juga diadakan Oman Latte Art Competition pada tanggal 27-28 September 2022 yang terbuka bagi para barista yang bekerja di seluruh Oman. Dengan demikian maka para barista yang berkompetisi berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia. Semantara dewan juri terdiri dari tiga orang dan berasal dari Oman, Turki dan Iran.

Kriteria penilaian dalam lomba ini adalah: kualitas foam, kejelasan gambar (latte art) pada cangkir saji, kesimetrisan, presentasi dan hospitality service. Terdapat dua babak dalam kompetisi ini. Babak penyisihan merupakan adu satu lawan satu yang mengharuskan peserta untuk menghasilkan latte art yang sesuai dengan desain yang disediakan oleh dewan juri. Desain latte art yang dibuat merupakan hasil undian.  Kemampuan peserta untuk menghasilkan latte art inilah yang dinilai untuk bisa maju ke babak 16 besar dan kemudian melaju ke final. Sementara dalam babak final selain peserta harus membuat desain latte art pilihan juri, peserta juga harus menampilkan dua desain latte art pilihan sendiri.

Dalam kompetisi ini terdapat lima orang barista asal Indonesia yang bekerja di Oman: Nico (Elevate Café), Ikhwan (Azzura Café), Muhammad Airlangga (Khurof Café), Muhammad Arifin (Dar Albun Café) dan Barkah (3rd street Donuts Café). Total peserta kompetisi berjumlah 32 orang dan kelima wakil Indonesia berhasil masuk ke dalam 16 besar. Dalam babak 16 besar ini terjadi pertandingan antar barista Indonesia yaitu: Nico vs Ikhwan dan Barkah vs Muhammad Airlangga. Dari 16 besar yang lolos ke babak final (8 besar) ada dua orang barista Indonesia: Barkah dan Ikhwan. Dalam babak final ini para peserta hanya berasal dari 2 negara yaitu Indonesia dan Filipina.

Berdasarkan penilain dewan juri maka hasil babak final adalah: Barkah (Indonesia) menduduki peringkat 1, Ikhwan (Indonesia) berada pada peringkat 2 dan Lesther (Filipina) pada peringkat 3.  Keberhasilan barista Indonesia menduduki dua peringkat teratas dalam kompetisi latte art di Oman merupakan yang pertama tahun ini. Dengan keberhasilan ini maka barista Indonesia telah berjaya dalam dua kompetisi latte art di Oman pada tahun ini setelah pada bulan Juni lalu berhasil menduduki peringkat dua dalam HORECA latte art competition yang diikuti oleh para barista di Kawasan Timur Tengah. Selamat bagi para barista Indonesia!

Terus semangat berkarya dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia!

(BK/ DF/ IDN Oman)

berita terkait

Kelas Bahasa Indonesia Virtual Untuk Anak-Anak di Kanada
26 Juni 2021

IDN Global bekerjasama dengan Irshad Global dan didukung oleh KBRI Ottawa men..

Baca Selengkapnya
Promosi Indonesia di Coyoacan, Mexico City
23 Desember 2021

Untuk menutup program akhir tahun 2021, IDN Chapter Mexico didukung KBRI Mexi..

Baca Selengkapnya
Lomba HUT Ke-9 IDN Global
12 November 2022

Ibu dan Bapak, para diaspora Indonesia dimanapun berada, kami mengajak I..

Baca Selengkapnya