10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement

Dalam rangka menyambut 10 tahun gerakan diaspora Indonesia secara global, Indonesian Diaspora Network (IDN) Global akan melaksanakan acara "10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement" pada Rabu, 6 Juli 2022, jam 09.00-10.00 WIB. Kegiatan ini mengusung tema "Future Indonesia" yang akan digelar secara hybrid, disiarkan secara langsung dari lokasi acara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan SCTV Studio di Jakarta.

"Dalam acara ini kami akan membahas pergerakan Diaspora Indonesia dalam kurun waktu satu dekade dengan pencapaian yang diharapkan di masa mendatang. Selain itu juga showcase kegiatan dari sejumlah IDN Chapter di lima benua," ujar Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih.

Kartini menambahkan sesuai dengan motto "Connecting the dots, Expanding the opportunities", program dan aktivitas kegiatan yang diselenggarakan IDN Global mengacu pada 3 (tiga) hal utama. Yakni awareness, engagement serta empowerment. Dan ketiga hal ini akan semakin ditonjolkan dalam selebrasi 10 tahun gerakan diaspora.

Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi lokasi live acara mengingat sesuai dengan tema acara "Future Indonesia", acara ini akan menonjolkan peran signifikan Diaspora Indonesia dalam menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maju dan sejahtera sesuai dengan Visi Indonesia 2045.

Selain Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih, acara ini juga akan menghadirkan Ketua IKN Nusantara Bambang Susantono dan Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Amalia Widyasanti yang akan memaparkan materi "IKN dan Transformasi Ekonomi 2045". Acara ini juga akan menampilkan Internasional Violinist sekaligus Diaspora Indonesia di Jerman Iskandar Widjaja.

Kongres Diaspora Indonesia (CID)-1 digelar di Los Angeles Convention Center, California, Amerika Serikat pada 6-8 Juli 2012 dengan menghadirkan sejumlah pembicara ternama seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Mari Elka Pangestu dan Presiden Marvell Technology Grup Sehat Sutardja.

Kongres ini telah ditandai sebagai pertemuan akbar diaspora Indonesia yang pertama di dunia, untuk menyatukan dan memanfaatkan ide, keterampilan dan potensi yang dimiliki Diaspora Indonesia sedunia. Kongres pertama yang diprakarsai oleh Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Djalal ini melahirkan “Deklarasi Diaspora Indonesia” yang sekaligus mendorong terbentuknya Indonesian Diaspora Network (IDN) Global sebagai organisasi yang mengusung visi dan masa depan Diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Usai penyelenggaraan CID-1, IDN Global terus konsisten dalam menyelenggarakan Kongres Diaspora Indonesia. Dimulai dengan CID 2 (2013), CID-3 (2015), CID-4 (2017), CID-5 (2019) dan CID-6 (2021). (IDN Global)

berita terkait

WORKING GROUP IMIGRASI & KEWARGANEGARAAN
31 Januari 2020

“Rangkul dan perlakukanlah kami yang tersebar di manca negara sebagai a..

Baca Selengkapnya
Congress of Indonesian Diaspora 6
01 Augustus 2021

Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai perubahan di dunia. Di Indonesia, Cov..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi September 2021
30 September 2021

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia, 

..

Baca Selengkapnya