WORKING GROUP - KULINARI

Working Group Kulinari IDN-Global (WG-K IDN-G) dibentuk pada bulan April 2018 dan mempunyai anggota sukarelawan dari bermacam negara yang meliputi berbagai benua.

WG ini merupakan kelompok kerja dari Pengurus IDN-Global periode 2017-2019 dan memiliki misi untuk memberi peran terhadap kuliner Indonesia di panggung internasional dengan menggabungkan semua stakeholders; baik pemerintah, perdagangan, pariwisata akan tetapi juga restoran dan pendidikan.

WG ini dipimpin oleh seorang Chair, Renu Lubis dan bertanggungjawab kepada VP Working Group IDN-Global yaitu Basuki Priyanto dan Izaakh Lie. Bicara mengenai Diplomasi Kuliner kita sering melirik ke Thailand yang bisa dikatakan sebagai salah satu world’s best practice dengan program “Thai kitchen to the world”, akan tetapi kita lupa jika Thailand dengan program ini mempunyai program yang sangat solid dan didukung secara penuh (baik info dan dana) oleh pemerintah. Dengan tujuannya yang sangat ambisius, yaitu mendongkrak jumlah resto Thailand di luar negeri dari sekitar 6.900 pada tahun 2003 menjadi 20.000 pada tahun 2008.

Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi, Indonesia memiliki ragam kuliner yang sangat kaya dan perlu dieksplorasi lebih jauh agar dapat menembus pasar global. Beberapa tahun belakangan ini baik Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Pariwisata (Kempar) gencar melakukan diplomasi kuliner ke berbagai negara dengan tujuan mempromosikan Indonesia pada masyarakat global melalui kuliner yang khas, bahkan Kempar mendirikan restoran Wonderful Indonesia. Sejauh mana sampai sekarang efektivitasnya? Apakah kita memerlukan program seperti Thailand?

Bagi yang tertarik dengan topik ini dan berminat untuk menjadi sukarelawan WG - Culinary IDN Global, silahkan mendaftarkan diri di alamat email berikut: renu.lubis@gmail.com.

berita terkait

Newsletter IDN Global edisi November 2018
10 August 2019

-

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global edisi September 2018
10 August 2019

-

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global edisi April 2018
10 August 2019

Salam Diaspora!

 

Dengan bangga kami dari pengurus I..

Baca Selengkapnya