Pertemuan IDN Global dan IDN Countries

Pertemuan ini dihadiri oleh 52 peserta yang terdiri dari pengurus IDN Global, pimpinan IDN Chapters serta para tokoh diaspora. IDN Global memberikan beberapa informasi kegiatan yang telah dijalankan oleh Executive Board IDN Global dalam masa bakti 2019-2021. 

Di dalam pertemuan yang diinisiasi oleh Bapak Said Zaidansyah selaku Presiden IDN Global ini dipaparkan beberapa program IDN Global yang sedang berjalan diantaranya adalah (i) Bantuan Donasi Diaspora untuk korban bencana alam serta bantuan pengadaan APD dalam rangka melawan COVID, (ii) Diaspora MasterClass (Pendidikan, Karir, dan Kewirausahaan) yang merupakan upaya diaspora untuk memberikan ilmu kepada masyarakat Indonesia secara luas, (iii) Seminar Diaspora dengan tema Kiat untuk Bisa Bekerja di Lembaga Internasional dan ini merupakan kegiatan IDN Global pertama yang sifatnya berbayar, (iv) update tentang status pembuatan guidance note untuk pembentukan IDN Chapter; dan (v) update kegiatan Working Group Imigrasi dan Kewarganegaraan diantaranya pembuatan Position Paper terkait Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) dan Kewarganegaraan Ganda.

Para pimpinan IDN Chapters juga menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakannya. Pimpinan IDN yang menyampaikan ini adalah Bapak Sulistyawan Wibisono dari IDN Australia, Ibu Enggi Holt dari Ketua Bristol Indonesia Society (BIS), Ibu Lusie Susantono dari IDN Manila, Bapak Hanas Subakti dari IDN Taiwan, Bapak Ibnu Munzir dari IDN Kuwait, Bapak Hamam dari IDN Thailand, dan Ibu Yunita dari IDN Estonia dan Finlandia. Benang merah dari kegiatan IDN Chapters adalah kuatnya solidaritas dan kepekaan sosial para diaspora Indonesia di berbagai negara terhadap bermacam bencana yang menimpa Indonesia. Selain itu juga ada upaya yang kuat dari berbagai IDN Chapters untuk mendorong bangkitnya pengusaha Indonesia setempat khususnya mereka yang bergerak untuk memperkenalkan produk Indonesia.

Ada juga beberapa tokoh Diaspora yang hadir dalam pertemuan ini seperti Imam Shamsi Ali dari Amerika Serikat yang memiliki perhatian khusus terhadap progress KMILN dan bagaimana agar KMILN ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman Diaspora. Ibu Daliana Suryawinata juga menyampaikan berbagai kegiatan yang dilakukan IDN Liveable Cities diantaranya 6 webinars yang telah diselenggarakannya. Turut bergabung juga Bapak Robert Manan mewakili Indonesia Culinary Institute dan memaparkan kegiatan Institute dalam melakukan gastro diplomacy dengan motto: Indonesia spice up the world serta Ibu Fify Manan mewakili Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) menyampaikan tentang trade link platform yang sedang dibangun IDBC.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Presiden IDN Global menyampaikan rencana IDN Global untuk melakukan pertemuan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membahas peranan diaspora membantu mengembangkan pariwisata Indonesia maupun mendorong ekonomi kreatif. 

Salam Diaspora!!

berita terkait

Post Covid-19 : A Stronger Indonesia With Diaspora
16 September 2021

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengajak diaspora Indonesia untuk ikut memb..

Baca Selengkapnya
KMILN : Antara Konsep, Implementasi dan Harapan
22 September 2020

Pada tanggal 18 Agustus 2017, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kem..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Januari 2020
31 Januari" 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Berikut adalah new..

Baca Selengkapnya