Peluncuran Program Diaspora Peduli

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah ada 1.722.958 pekerja dari sektor formal dan informal terverifikasi yang dirumahkan dan terkena PHK (per 1 Mei 2020). Sementara itu, masih ada sekitar 1,2 juta pekerja yang sedang divalidasi datanya, atau diperkirakan jumlah orang yang kehilangan pekerjaan bisa mencapai 3 juta orang lebih. Untuk itu, Kemnaker berinisiatif melaksanakan program "Diaspora Peduli" yang didukung oleh berbagai organisasi, termasuk di antaranya IDN Global. Salah satu pencetus ide program ini adalah Dino Patti Djalal, pendiri IDN Global.

"Saya sangat bangga dan terharu, karena sesungguhnya para diaspora juga ikut terpapar dampak pandemi ini, namun mereka menunjukkan rasa peduli dan cintanya kepada negeri ini dengan

membantu para pekerja korban PHK atau yang dirumahkan," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (18/5).

Adapun program donasi besarannya adalah 50 dolar AS (Rp 780 ribu) setiap bulannya dan akan ditransfer langsung kepada para keluarga pekerja korban PHK atau yang dirumahkan akibat pandemi Covid-19. Dalam penerapannya, Kemnaker menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) untuk lalu-lintas donasi agar semua donasi tercatat dan bisa dipertanggungjawabkan. Para calon penerima donasi Diaspora Peduli juga nantinya merupakan daftar yang telah diverifikasi oleh Kemnaker RI.

"Sejak gerakan diaspora dimulai pada 2012, maka inilah saat di mana aset diaspora sangat dibutuhkan dalam menghadapi krisis di Indonesia, Dengan ilmu, jaringan,  idealisme, dan patriotisme untuk bisa sambung rasa dan sambung rezeki dengan 3 atau 4 juta orang yang baru terkena PHK atau dirumahkan” ujar Chairman Board of Trustee IDN Global Dino Patti Djalal.

"Diaspora Peduli adalah program yang sangat baik dan layak didukung karena memberikan kesempatan kepada sesama anak bangsa dimanapun mereka berada untuk menunjukkan solidaritasnya. Saya sendiri dengan senang hati ikut berpartisipasi dalam program ini untuk membantu saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan,” kata Presiden IDN Global Said Zaidansyah.

Informasi mengenai tata cara donasi dan profil calon penerima dapat diakses di www.diasporapeduli.id sehingga para diaspora dapat melihat langsung profil calon penerima donasi dan bebas memilih kepada siapa donasi akan diberikan. Semua distribusi donasi dilakukan secara transparan dan donatur dapat langsung mentransfer kepada calon penerima. Mereka dapat berkomunikasi secara langsung, sehingga dimungkinkan terjadi transfer ilmu, pengalaman, pelatihan, dan harapan. (IDN Global)

 

berita terkait

Newsletter IDN Global Edisi Mei 2020
-

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Covid-19 dan selur..

Baca Selengkapnya
Visa 5 Tahun bagi Diaspora Indonesia Eks-WNI
-

Dalam upaya memperkenalkan keanekaragaman Indonesia, sejarah bangsa dan ko..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global edisi April 2018
-

Salam Diaspora!

 

Dengan bangga kami dari pengurus I..

Baca Selengkapnya