Kemenristek Gandeng Diaspora Dalam Program Inovasi Riset

Terkait adanya program riset bersama diaspora yang diluncurkan pemerintah, IDN Global menggelar dialog interaktif bertema “Peranan Diaspora dalam Pengembangan Riset dan Inovasi di Indonesia” dengan menghadirkan Menteri Riset dan Teknologi Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro pada Jumat (17/4). Dialog dimoderatori Presiden IDN Global Said Zaidansyah dan diikuti 104 partisipan yang terdiri dari pengurus IDN Global, pengurus IDN Chapters di seluruh penjuru dunia, serta diaspora dari kalangan Universitas, Riset/ Penelitian dan Industri.

Chairman Board of Trustee IDN Global Dino Patti Djalal memberikan kata sambutan berupa himbauan kepada Kemenristek agar ada upaya yang lebih sistematis dalam memanfaatkan talenta dari sekitar 6-8 juta diaspora yang tersebar di seluruh dunia.

Berkaitan dengan tema dialog, Prof. Bambang yang didampingi Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Prof. Muhammad Dimyati menyatakan, Kemenristek memiliki program terbaru bernama “Inovasi Riset Diaspora” yang baru saja diluncurkan tanggal 9 April 2020.

Program ini secara khusus mengajak semua diaspora Indonesia untuk bekerjasama dalam melakukan riset di Indonesia. Hingga kini, data dari I4 (Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional) mencatat baru terdapat sebanyak 477 peneliti diaspora yang tersebar di banyak negara.

“Karena inovasi dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia (dari menengah hingga yang berpendapatan tinggi). Tanpa budaya riset yang baik akan sulit mendapat inovasi terobosan, “ ujar Menristek.

Baru tahun ini Kemenristek/ BRIN meluncurkan program dana riset khusus diaspora yang berfokus pada “Penanganan Covid-19”. Bidang riset yang dilakukan tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan dan farmasi saja. Namun juga bidang lain seperti sosial, ekonomi, teknik dan humaniora atau bersifat antar disiplin. Sebagai contoh, untuk menciptakan ventilator dan rapid test kit, tidak hanya membutuhkan keahlian medis para dokter saja. Namun juga dibutuhkan keahlian teknik untuk mendesain dan merakit. (IDN Global)

 

berita terkait

William Wongso Kenalkan Kuliner Indonesia di Perancis
-

Dalam upaya memperkenalkan keanekaragaman Indonesia, sejarah bangsa dan konse..

Baca Selengkapnya
Peluncuran Program Diaspora Peduli
30 Juni 2020

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah ada 1.722.958 p..

Baca Selengkapnya
Visa 5 Tahun bagi Diaspora Indonesia Eks-WNI
-

Dalam upaya memperkenalkan keanekaragaman Indonesia, sejarah bangsa dan ko..

Baca Selengkapnya