Dialog Interfaith : Doa Bersama Diaspora di Seluruh Dunia

Bersamaan dengan momentum Kebangkitan Nasional tahun ini, IDN Global menyelenggarakan “Dialog Interfaith dan Doa Bersama Diaspora Indonesia Seluruh Dunia” pada Rabu (20/5) pukul 20.00-21.30 WIB melalui official channel Youtube IDN Global (Diaspora Indonesia). Dialog interaktif ini dimoderatori oleh Vice Treasurer IDN Global Sopantini Heyward dan menghadirkan para Pemuka Agama dari Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri yakni Imam Shamsi Ali (Imam of Jamaica Muslim Center - New York - USA), Father Leo Mali, Pr (Ketua Ikatan Rohaniawan Rohaniwati, Vatican-Italia), Pendeta Gilbert Lumoindong (GBI Glow Fellowship, Jakarta, Indonesia), Dewa Made Sastrawan (Duta Besar RI untuk Zimbabwe, Harare, Zimbabwe) dan Bhikkhu Nyanapradipa (Tomohon, Indonesia).

Dalam sambutannya, Presiden IDN Global Said Zaidansyah mengharapkan dialog interfaith ini akan semakin meningkatkan pemahaman antar umat beragama yang kemudian dapat menguatkan solidaritas masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri.

Menyikapi pandemik Covid-19 ini, Imam Shamsi Ali mengatakan ada 2 hal yang harus dilakukan. Yakni menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19 dan mengikuti aturan yang berlaku serta meningkatkan tawakal. "Pandemi ini sekaligus  mengingatkan manusia karena kerap lupa diri sehingga disadarkan atas adanya keterbatasan manusia,” ujar Shamsi Ali.

Berkaitan dengan Kebangkitan Nasional, Romo Leo Mali menyatakan kekuatan tumbuh karena  kemanusiaan. Peristiwa Covid-19 ini mengingatkan 2 hal penting yakni kemuliaan dan penghormatan terhadap manusia melalui sikap saling peduli satu sama lain.

Sementara itu, Pendeta Gilbert mengatakan Indonesia sudah melewati berbagai krisis dan tetap tangguh karena ada semangat kebersamaan. “Terjadinya pandemi Covid-19 ini kembali mengingatkan kita akan arti iman, pengharapan dan kasih. Kita tidak perlu membahas mengapa ini terjadi, tapi jalani dengan tanggung jawab dan kedewasaan,” imbuh Pendeta Gilbert.

Menghadapi Covid-19, Pemuka Budha Bhikkhu Nyanapradipa mengatakan upaya kita dalam melindungi diri itu sekaligus melindungi makhluk lain. Selain itu juga perlu menerapkan kehidupan bermoral agar tercapai kasih yang universal. Sementara itu, Dewa Made Sastrawan mengatakan saat ini para peneliti tengah berupaya menemukan vaksin Covid-19. Sehingga sebagai umat beragama diharapkan senantiasa berdoa untuk keselamatan bersama. Acara dialog interfaith ini ditutup dengan doa yang dipanjatkan tiap pemuka agama dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir dan kondisi bisa pulih seperti sedia kala. (IDN Global)

 

 

berita terkait

Diaspora Pulang Kampung : Aset Brain Gain Untuk Negara
29 Augustus 2020

Kisah diaspora Indonesia yang mengabdi ke tanah air tentunya memiliki keunika..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi November 2019
30 November 2019

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Berikut adalah new..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Mei 2020
31 Mei 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Covid-19 dan selur..

Baca Selengkapnya