Dapur Indonesia Untuk Dunia

Di era globalisasi ini, diplomasi kuliner turut berperan penting dalam memperkenalkan Indonesia ke luar negeri. Dalam implementasinya, diaspora Indonesia juga turut andil dalam menerapkan diplomasi kuliner. Hal inilah yang dibahas dalam virtual dialog IDN Global bertajuk : ”Dapur Indonesia Untuk Dunia” pada Sabtu (12/9). Dialog dimoderatori oleh Coordinator Program I IDN Global Kartika Dewi dan menghadirkan 4 narasumber ; Chef Sisca Soewitomo - Pesohor Boga Indonesia, Chef Budiono Bin Sukim - Head Chef at The Langham Hotel, London, Robert Manan - Founder Manan Foundation & Indonesia Culinary Institute dan Galih Bulgamin - Co-Founder Bali Brunch Helsinki & YGSLiFE.

Sisca dikenal sebagai pesohor boga Indonesia dan aktif dalam membuat buku resep masakan hingga 150 jilid. Sisca berharap jumlah restoran Indonesia terus bertambah banyak di luar negeri agar kuliner Indonesia bisa mendunia.

Berawal dari tukang cuci piring di Chinese Restoran di Jalan Sudirman Jakarta, karir Chef Budiono terus menanjak hingga menjadi Head Chef di Hotel Langham London. Agar dapat diterima masyarakat luar negeri, menu Indonesia harus menambahkan rasa yang sesuai dengan lidah mereka.

Menurut Galih, promosi makanan Indonesia bisa dilakukan salah satunya dengan menambah jumlah restoran Indonesia. Saat ini baru ada 3 restoran Indonesia di Finlandia, berbeda jauh dengan Thailand Restoran yang jumlahnya mencapai ratusan.

Sementara itu, dalam upaya promosi kuliner Indonesia, Robert Manan mendirikan Luvinary (Luv Indonesia Culinary) pada tahun 2009. Ia juga membuka WIN Indonesian Grill dan Gastro Bar di Atlanta, AS. Selain mempromosikan kuliner, restoran tersebut juga menyajikan kerajinan Indonesia.

Presiden IDN Global Said Zaidansyah mengatakan, media internasional CNN pernah menyebut rendang dan nasi goreng sebagai salah satu menu terbaik di dunia. Dan kuliner turut berperan dalam diplomasi negara, sebab ketika mengenal makanannya, orang luar negeri akan mulai mempelajari negara tempat makanan tersebut berasal. (IDN Global)

berita terkait

Diaspora Indonesia Terpilih Menjadi Hakim di US
15 September 2020

Marissa Hutabarat resmi terpilih menjadi seorang hakim di New Orleans, Louisi..

Baca Selengkapnya
Bincang Hangat Diaspora Dan Wakil Ketua DPR-RI
21 Augustus 2020

Dalam upaya meningkatkan hubungan antara diaspora Indonesia dengan lembaga le..

Baca Selengkapnya
Diaspora Pulang Kampung : Aset Brain Gain Untuk Negara
29 Augustus 2020

Kisah diaspora Indonesia yang mengabdi ke tanah air tentunya memiliki keunika..

Baca Selengkapnya