Dalam upaya memperkenalkan keanekaragaman Indonesia, sejarah bangsa dan konsep “nationhood” kepada putra-putri diaspora Indonesia di Manila, IDN-Manila menyelenggarakan acara “Mengenal Indonesia” yang terdiri dari tiga sessi pada bulan April 2016. Setiap sessi diselenggarakan pada hari Sabtu selama 90 menit dari jam 10 hingga 11:30 pagi.

 

Ada 18 putra-putri diaspora yang terdaftar dalam acara ini dengan usia berkisar dari 9 tahun hingga 18 tahun. Sebagian besar peserta berasal dari keluarga campur ataupun mereka yang belum pernah menetap di Indonesia. Oleh karenanya ini merupakan kesempatan pertama kali bagi mereka untuk mempelajari secara lebih terstruktur tentang bangsa dan negaranya. Bahasa pengantar acara ini adalah Bahasa Inggris agar memudahkan pemahaman materi. Setiap sesi dimulai dengan ice-breaker oleh Bapak Redy Stevanus (Bendahara IDN-Manila).

 

Sesi pertama acara “Mengenal Indonesia” digelar pada 9 April 2016 dan membahas mengenai keanekaragaman bangsa dan budaya. Sesi ini disampaikan oleh Ibu Mariana Octavia (Wakil Ketua IDN-Manila) dan Ibu Viga (staf KBRI-Manila). Di dalam sesi ini, diperkenalkan tentang berbagai kekayaan budaya bangsa dan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Di dalam sesi ini adat istiadat maupun kekayaan kuliner di Indonesia juga diperkenalkan. Bahkan ada juga peragaan salah satu alat kesenian Indonesia.

Sesi kedua acara Mengenal Indonesia diselenggarakan pada tanggal 16 April 2016. Sesi ini disampaikan oleh Bapak Ari Perdana (staf ADB). Fokus sesi ini adalah pada sejarah bangsa, Mulai dari kerajaan terdahulu, masa penjajahan maupun sejarah perjuangan kemerdekaan. Di dalam sesi ini, para peserta diberitahukan bahwa bangsa Indonesia adalah satu dari segelintir bangsa di dunia yang merebut kemerdekaannya dengan jalan perjuangan senjata dan diplomasi. Oleh karena itu kemerdekaan yang dinikmati oleh bangsa Indonesia tidak boleh disia-siakan karena direbut dengan darah dan jiwa para pendahulu bangsa.

Sesi terakhir diselenggarakan pada tanggal 23 April 2016 dengan topic: “Nationhood-What Makes Indonesia Great.” Sesi ini disampaikan oleh Bapak Said Zaidansyah (Ketua IDN-Manila). Di dalam sesi ini, para peserta diberitahukan tentang konsep kebangsaan maupun berbagai atribut kebangsaan yang melekat pada bangsa Indonesia seperti UUD’45, Pancasila, lagu kebangsaan Indonesia Raya serta tata pemerintahan Indonesia. Di dalam sesi ini, para peserta juga belajar tentang keunikan dari masing-masing Presiden Indonesia. 

AKTIFITAS LAINNYA